Thursday, September 30, 2010

RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan Ke- : 3
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 X 45 menit)

Standar Kompetensi :
3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
Kompetensi Dasar :
3.2 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator :
• Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
• Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalis dan yang tidak menggunakan katalis.
• Menjelaskan pengertian, peranan katalis dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat :
a. Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
b. Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalis dan yang tidak menggunakan katalis.
c. Menjelaskan pengertian, peranan katalis dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.

II. Materi Pembelajaran
Teori tumbukan
• Pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh, dan suhu dapat pada laju reaksi dapat dijelaskan dengan postulat dasar teori tumbukan.
• Teori tumbukkan menyatakan reaksi terjadi Karena ada tumbukkan dan Tidak semua tumbukkan menghasilkan reaksi, Tumbukkan yang menghasilkan reaksi disebut “TUMBUKKAN EFEKTIF”. Sedangkan energi minimum yang harus dimiliki oleh reaktan agar terjadi reaksi disebut dengan energi aktivasi (Ea).
• Konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh, dan suhu berbanding lurusdengan laju reaksi


III. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Diskusi
• Pemberian tugas

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (15 menit)
• Salam pembuka
• Memeriksa kehadiran siswa.
• Guru memaparkan kompetensi yang ingin dicapai
B. Kegiatan Inti (60 menit)
• Mendeskripsikan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh, dan suhu terhadap laju reaksi dengan teori tumbukan melalui diskusi kelas.
• Mendeskripsikan pengertian energi pengaktifan dan katali melalui diskusi kelas.
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
• Guru dan siswa membuat simpulan tentang teori tumbukan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi laju reakasi dan tentang pengertian energi pengaktifan.

V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku-buku kimia SMA 2a
• Lembar Kerja Siswa (LKS)
• Literatur dari Internet

VI. Penilaian
a) Teknik Penilaian
• Afektif (penilaian sikap)
• Kognitif (kemampuan menjawab test secara tertulis serta pembuatan laporan tertulis praktikum).
b) Bentuk Instrumen
• Test tertulis



Pengayaan
1. Apakah yang dimaksud energi aktivasi?
2. Kenaikan suhu dan konsentrasi akan mempercepat laju reaksi. Bagaimana hal itu dijelaskan dengan teori tumbukan?
3. Mengapa luas permukaan sentuhan pereaksi padat dapat mempengaruhi laju reaksi?
4. Laju reaksi tidak hanya ditentukan oleh frekuensi tumbukan, tetapi juga efektivitas tumbukan. Apa maksudnya?
5. Suatu reaksi A + B → C tidak dapat berlangsung pada suhu kamar. Akan tetapi, setelah ditambah katalis, reaksi tersebut berlangsung cepat padasuhu kamar. Mengapa demikian?

No comments:

Post a Comment